Seni dan Budaya

Gelar Festival Seni Barongan Gaprak


Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya Blora (KSB) menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/5). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.


Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Soekartono, SE, MM mewakili Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji dalam sambutannya menyampaikan apresiasi  kepada KSB yang telah melaksanakan kegiatan Barongan Gaprak untuk pertama kali.


“Kegiatan Festival Barongan Gaprak baru pertama kali diadakan, dan semoga bisa menjadi agenda tahunan sebelum bulan Ramadhan datang,” ujar Soekartono.


Kegiatan itu, menurut Soekartono, diharapkan bisa menggugah animo para generasi muda untuk memahami dan tau bahwa barongan gaprak merupakan warisan jaman dulu yang perlu dilestarikan.


“Sehingga dapat menambah wawasan budaya dan jumlah seni budaya yang ada di Kabupaten Blora,” jelasnya.


Masih menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Soekartono,  jumlah paguyuban seni barongan yang terdaftar di Kabupaten Blora sebanyak 205 grup.   


Kemudian seni karawitan sebanyak 116, seni tayub 43, seni Hadroh 358, tembang kenangan 54, orkes melayu 198, sanggar seni 34 dan pedalangan 11 grup.    


“Kami berharap agar grup-grup ini bisa eksis semua dan kami doakan masih semua. Tidak hanya sekedar nama belaka,” tandasnya.


Ia juga berharap supaya grup-grup itu bisa tampil di panggung hiburan yang ada di dalam dan luar Kabupaten Blora. Sehingga nama Blora menjadi terangkat melalui potensi seni budaya.


Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia, Edy Kholbu dalam laporannya antara lain menyampaikan Gesper Festival Barongan Gaprak diikuti oleh 13 perwakilan kelompok seni barongan dari 16 Kecamatan se Blora. Hanya saja, dua diantara peserta batal mengikuti Festival.  


“Kami berharap bisa menjadi agenda tahunan dengan memperebutkan piala bergilir,” jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan, acara Gesper Festival Barongan Gaprak Blora didukung oleh Dinporabudpar, Bappeda, Dindagkop dan UMKM, dan sejumlah pihak sponsor lainnya.


“Acara diawali dengan pentas seni anak-anak dari Sanggar Tari Surosentiko Blora,” ujarnya.


Berdasarkan penilaian dan keputusan dewan juri, dari 11 peserta Festival Barongan Gaprak yang meraih juara favorit nomor undi 04 dari grup seni barongan Singo Lodra pimpinan Widodo, Dukuh Padas RT 01/RW 02 Kecamatan Todanan.


Kemudian, Juara I nomor undi 12 grup seni barongan Sardula Seta dari Desa Kamolan Kecamatan Blora. Juara II nomor undi 02 grup seni barongan Harimo Kuncoro Desa Tutup Kecamatan Tunjungan. Juara III nomor undi 08 grup seni barongan Sukmo Jaya dari Desa Jepangrejo Kecamatan Blora.


Penghargaan diberikan kepada pemenang pada Sabtu (20/5) malam di tempat yang sama, dirangkaikan dengan pentas seni pertunjukan lainnya. (Dinkominfo Kab. Blora). 

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...