Seputar Blora

Kabar Duka Menyelimuti Keluarga Besar RSUD Cepu dan Jajaran Polres Blora


Kabar duka menyelimuti keluarga besar RSUD Cepu. Salah seorang dokter senior di RSUD dr R Soeprapto Cepu, Blora, Rusnandar Sasdiono (65), meninggal dunia terkonfirmasi positif virus corona.

Rusnandar merupakan salah seorang dokter andalan untuk penananganan kasus Corona di rumah sakit tersebut.

"Beliau meninggal pada Senin dini hari pukul 02.30 WIB. Beliau terkonfirmasi positif COVID-19 dan kemungkinan ada penyakit bawaan hipertensi dan gula," kata Direktur RSUD dr R Soeprapto Cepu, Fatkhur Rohim, di Cepu, Senin (4/1/2021).

"Almarhum dirawat di RSUP dr Kariadi selama 10 hari. Dan dini hari tadi dikabarkan beliau telah meninggal dunia," ucap dia.

Jenazah almarhum Rusnandar tiba di RSUD dr R Soeprapto Cepu pada pukul 10.35 WIB siang tadi dan disambut pimpinan, nakes dan staf rumah sakit pemerintah tersebut.

Karangan bunga ucapan duka cita juga menghiasi halaman RSUD Cepu.

Setiba di halaman RSUD Cepu, jenazah Rusnandar kemudian disalatkan untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cepu.

"Jenazah langsung dimakamkan di  Taman Makam Pahlawan Cepu secara protokol (COVID-19)," terangnya.

Fatkhur mengatakan, Rusnandar merupakan dokter senior spesialis penyakit dalam.

Almarhum merupakan salah satu ujung tombak dalam menangani virus corona rumah sakit tersebut yang mengabdi lebih kurang 30 tahun.

Kabar duka yang sama menyelimuti jajaran Polres Blora, Polda Jawa Tengah.

AKP Yatmo, Kapolsek Sambong meninggal dunia setelah dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani perawatan beberapa hari di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kudus, Senin (4/1/2020), pukul 06.10 WIB.

AKP Yatmo diketahui baru mendapat anugerah kenaikan pangkat Sabtu (2/1/2020) lalu.

Namun, karena dalam keadaan sakit,  Yatmo tidak bisa menghadiri upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan yang digelar di Mapolresta Blora.

"Hari ini kami mendapat kabar dari RSUD dr Loekmono Hadi Kudus bahwa ada rekan kami AKP Yatmo meninggal karena Covid-19. Hari ini dimakamkan secara Prokes di Bangsri tempat tinggalnya," terang Kasubbag Humas Polres Blora AKP Soeparlan.

AKP Yatmo merasakan sakit sejak Selasa (29/12/2020) lalu. Sebelumnya dirawat di rumah sakit Pembina Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadiyah Cepu.

Almarhum dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani rapid test antigen. Selama empat hari dirawat di PKU Muhammadiyah Cepu, kondisinya sempat membaik.

Namun, pada Sabtu (2/1/2020), kondisinya memburuk lagi. AKP Yatmo kemudian dirujuk ke RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Namun, Suyatmo tidak mampu bertahan akhirnya meninggal dunia hari ini.

Menurutnya, tidak ada pemakaman khusus dari kepolisian untuk almarhum AKP Suyatmo. Pemakaman dilakukan dengan protokol kesehatan.

"Kami seluruh anggota Polres Blora Polda Jateng ikut berduka cita atas meninggalnya AKP Suyatmo dan dari kami tidak ada pemakaman khusus," ujarnya.

Sementara itu di rumah duka dusun Ngrapah, Desa Bangsri Kecamatan Jepon, berdatangan beberapa karangan bunga berisi ucapan duka. Di antaranya karangan bunga dari Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan beserta staf dan karyawan serta karangan bunga dari Bupati dan Wakil Bupati Blora.

Beberapa rekan sejawat seperti Polsek Sambong dan Polsek Jepon serta sejumlah perwira polisi lainnya hadir untuk memberi penghormatan dan menyampaikan ucapan duka kepada keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu berdasarkan monitoring data Covid-19 Kabupaten Blora, update terakhir, Senin, 4 Januari 2021, jam 12.34 WIB menyebutkan kasus positif Covid-19 sebanyak 3.143, sembuh 2.639.

Kemudian meninggal 139 orang. Positif dirawat di rumah sakit 13, isolasi mandiri 352 orang. Pemeriksaan swab test total 16.224 orang. (Tim Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...