Berita Terkini

Pemkab Blora Ikuti Upacara Harkitnas 2021 Secara Virtual


Pemerintah Kabupaten Blora mengikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2021 secara virtual yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo RI) dari pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (20/5/2021).

Upacara Harkitnas 2021 diikuti oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si, Forkopimda Blora, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Upacara dipimpin langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dapat dijadikan momentum untuk menggelorakan kembali tiga makna penting. Yakni cita-cita untuk merdeka, kemanusiaan, dan mewujudkan kehidupan bangsa yang bermartabat di mata dunia.

Tiga hal tersebut, dicetuskan oleh Pahlawan Budi Oetomo ketika berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut, merupakan substansi yang harusnya dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat dalam setiap sendi kehidupan hingga saat ini.

"Makna kebangkitan nasional yang harus terus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate, Kamis (20/5/2021).

Sejatinya nilai-nilai tersebut, dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat pada setiap waktu. Karena, nilai ini akan senantiasa menyesuaikan pada setiap sendi kehidupan dalam konteks kebangkitan nasional.

"Senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya," kata Menteri Kominfo.

Secara lebih lanjut, makna kebangkitan nasional yang erat dengan kemerdekaan adalah mampu menjadi ruh gerakan perlawanan kepada para penjajah. Dengan begitu, semangat perjuangan mengusir penjajah dapat senantiasa dikobarkan pada beberapa waktu lalu.

"Kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap penjajah," ucapnya.

Makna kebangkitan nasional yang erat dengan kemanusiaan adalah menjadikan inspirasi dalam pembangunan bangsa. Sehingga, setiap kebijakan yang dirumuskan pemerintah berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Membawa Indonesia menuju pengelolaan negara yang lebih terbuka," jelasnya.

Kemudian, makna kebangkitan nasional yang mewujudkan kehidupan bangsa yang bermartabat di mata dunia adalah mengembangkan demokratisasi yang mewujudkan penegakan hukum. Fokus utamanya, kesejahteraan bagi seluruh masyarakat dalam negeri.

"Inilah agenda kontekstual yang sejatinya lebih dari cukup untuk mengantarkan bangsa Indonesia ke cita-cita ketiga," terangnya.

Menkominfo optimis, peringatan di atas dapat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Sehingga, setiap individu dapat menerapkan tiga hal yang menjadi substansi dari peringatan di atas dalam kehidupannya sehari-hari ke depan.

"Bisa mencegah perpecahan saudara-saudari sebangsa dan setanah air. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional pun pada akhirnya bukan sekedar menjadi ritual untuk mengenang kejayaan sejarah masa lalu saja," tutupnya.

Usai mengikuti upacara secara virtual Sekda Blora Komang Gede Irawadi memimpin acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti Blora.

Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, setelah melaksanakan tabur bunga, mengatakan, bahwa semangat pejuang untuk bisa menyemangati generasi muda.

Menurutnya Kebangkitan Nasional saat ini adalah kebangkitan teknologi seperti yang disampaikan dalam upacara Harkitnas 2021.

“Bahwa Kebangkitan Nasional ini adalah ruh digitalisasi Indonesia yang lebih maju lagi. Saya kira ini harus kita peringati, jadikan momentum untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik,” ucap Sekda Blora.

Berkaitan masih dalam situasi pandemi Covid-19, menurut Sekda Blora, semua harus menjaga kesehatan.

“Harapan saya, walaupun di masa pandemi ini semangat Hari Kebangkitan Nasional harus tetap bergelora,” kata Sekda Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Semarak May Day 2024 di Kabupaten Blora
    19 Mei 2024 Jam 10:48:00

    Semarak Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 dirayakan dengan penuh semangat di Kabupaten...

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...