Berita Terkini

Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024


Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora yang akan berangkat ke Makkah Madinah tahun 2024 ini sebanyak 643 orang.

Bupati Blora H. Arief Rohman, menyampaikan dukungannya kepada para jemaah haji dari mulai program bimbingan manasik hingga nanti para jemaah dapat pulang kembali dari tanah suci.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Blora tentunya akan terus mendukung manasik ini mulai dari pemberangkatan di Asrama Haji Donohudan, kita juga menyiapkan petugas pendamping sampai nantinya menjelang pulang kembali ke tanah air, kita menyediakan fasilitas bus, dan juga tahun ini ada tambahan Batik Khas Blora bagi bapak ibu semuanya” ujarnya.

Terkait pelaksanaan bimbingan manasik ini, orang nomor satu itu di Blora itu mengharapkan agar dapat dimaksimalkan oleh jemaah untuk saling mengingatkan terkait pelaksanaan ibadah haji, khususnya bagi jemaah yang baru pertama kali berangkat ke tanah suci.

“Penyelenggaraan manasik ini dalam rangka penguatan untuk bisa saling mengingatkan apa-apa yang harus dikerjakan disana, khususnya bagi bapak ibu yang belum melaksanakan haji sebelumnya," tandasnya.

Bupati yang kerap disapa Mas Arief itu juga meminta seluruh jemaah dari Kabupaten Blora untuk selalu menjaga kekompakan dan kerukunan demi terlaksananya ibadah haji yang lancar.

“Selalu jaga kekompakan, jadi nanti disana akan menjadi keluarga besar kafilah jemaah dari Kabupaten Blora, jadi mohon mulai dari awal manasik ini sampai pelaksanaan bisa selalu menjaga kerukunan dan kekompakan, dan kita doakan semoga prosesi yang akan berlangsung ini bisa dilaksanakan dengan lancar,'' kata Bupati Arief.

Plt. Kepala Kantor Kemenag Blora H. Mustaqim, S.Pd.I, menyampaikan,  tahun ini, kuota haji untuk Indonesia naik dari 20.000 menjadi 241.000 orang. Rinciannya, untuk jamaah Reguler sejumlah 213.320, jemaah khusus 27.680, dan petugas sejumlah 2.210 orang.

Untuk Kabupaten Blora sendiri, lanjut Mustaqim, tahun ini akan memberangkatkan Calon Jemaah Haji sejumlah 643 orang. Mereka terbagi menjadi 3 kloter yang rencananya akan diberangkatkan pada 3 Juni 2024 mendatang.

“Kami laporkan terkait data Calon Jemaah haji Kabupaten Blora yang akan berangkat tahun ini sebanyak 643 orang, terdiri dari 636 orang Calon Jamaah Haji reguler, 5 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dan 2 orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), kemudian terdiri dari 293 Pria dan 350 Wanita. Jumlah ini terbagi menjadi 3 kloter yang InsyaAllah akan diberangkatkan pada tanggal 3 Juni 2024,'' jelas Mustaqim.

Dari jumlah jemaah haji tersebut, terdapat calon jamaah termuda yang masih berusia 20 Tahun pada pelaksanaan haji tahun ini.

“Jamaah haji termuda atas nama Enggar Kusuma Wardani (20), asal Desa Sidomulyo Kecamatan Cepu. Untuk jamaah tertua atas nama Matroji Sumadi, yang berusia 85 tahun,” tandasnya.

Tujuan dilaksanakannya manasik, demikian Mustaqim, agar para jemaah paham dan mampu melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan baik dan benar melalui program yang telah diselenggarakan oleh pemerintah.

Dijelaskan, manasik Haji ini akan diselenggarakan sebanyak 2 kali. Untuk tingkat Kabupaten mulai dari tanggal 27 hingga 28 April 2024, dilanjutkan pelaksanaan manasik di tingkat Kecamatan sebanyak 6 kali mulai tanggal 29 April 2024 hingga 4 Mei 2024. (Dinkominfo Blora)


    Berita Terbaru

    Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Blora Laksanakan Giat Bakti Religi
    14 Juni 2024 Jam 15:11:00

    Polres Blora gelar personel untuk melaksanakan bakti religi dan bakti sosial di wilayah...

    Bupati Blora : Terminal Bus Cepu Jadi Terbaik di Perbatasan Jateng - Jatim, Terimakasih Pak Presiden, Pak Menteri Perhubungan
    13 Juni 2024 Jam 21:52:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, terkesan dengan hasil pembangunan Terminal Bus Tipe A Cepu,...

    Puncak Hari Lingkungan Hidup 2024, Ribuan Pohon Ditanam di Sepanjang Jalan Sumber-Temulus
    13 Juni 2024 Jam 20:16:00

    Penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan Sumber - Temulus, Kecamatan Menden menjadi puncak...