Seputar Blora

Bupati Blora : Idenya Kreatif, Puluhan Peserta Ikuti Lomba Fotografi Jepon


Bupati Blora Arief Rohman memberikan apresiasi lomba fotografi on the spot yang diselenggarakan Cah Jeponan dengan menghadirkan objek ledek tayub barangan.

"Idenya (lomba) kreatif," kata Bupati Blora Arief Rohman yang menyempatkan diri mampir melihat fotografer mengikuti lomba dan menyaksikan penampilan seni ledek barangan, Sabtu, (10/8/2024).

Lomba itu diselenggarakan panitia untuk turut meramaikan perayaan HUT ke-79 RI.

Pengambilan foto dilakukan dengan mengambil lokasi di pertigaan depan Pasar Rakyat Jepon.

Sebanyak lebih dari 30 peserta, termasuk di antaranya datang dari luar Blora, mengambil jepretan terhadap dua penari dan lima penabuh gamelan dari kelompok tayub Dukuh Klampok, Desa Genjahan, Kecamatan Jiken.

Bupati Blora Arief Rohman berkesempatan mampir di sela-sela kesibukannya menghadiri berbagai acara dan kegiatan di Kabupaten Blora.

Oleh pantia, Bupati Blora Arief Rohman diberikan sampur untuk ikut menari sekaligus jadi objek pengambilan foto.

Ia berjalan kaki dari perempatan Pasar Jepon hingga lokasi mbarang, sejauh puluhan meter. Berjalan kaki diarak barongan dan didampingi pejabat setingkat kecamatan, ia melayani puluhan hingga ratusan warga yang ingin bersalaman dan berswafoto dengannya.

Setibanya di lokasi mbarang, ia menyempatkan diri bersalaman dengan para peserta lomba sebelum diberikan sampur untuk turut menari.

Saat menari itu, Bupati Blora Arief Rohman menjadi objek foto yang cukup menarik bagi peserta lomba.

Usai menari, Bupati Blora Arief Rohman diajak makan lontong di dalam Pasar Jepon.

Salah satu peserta, Reihan Atha Affrizal, mengirimkan foto dengan objek Bupati Blora Arief Rohman saat menari bersama warga dan dua ledek, untuk dipajang dalam pameran foto ledek tayub barangan di Aula Kelurahan Jepon.

Reihan memberikan judul fotonya, Ledek Refleksi Sosial atau Sekedar Tradisi.

Jika pada umumnya kemeriahan bulan merdeka diramaikan dengan lomba gerak jalan atau jalan sehat, atau lomba olahraga permainan, Cah Jeponan tampil beda dengan mengadakan lomba fotografi. Mengambil tema Ngreksa Budaya: Tari Ledek Barangan Berjuang Melewati Zaman, Cah Jeponan ingin mengingatkan tentang kekayaan budaya yang pernah ada di masa silam.

"Ledek tayub barangan ini bisa kita katakan telah punah. Sudah tidak lagi kita temukan kelompok tayub yang mbarang di keramaian, yang bisa dinikmati oleh warga. Adanya kelompok tayub, seperti kelompok tayub di Jepon dan di Klampok yang mendapat tanggapan pada momen-momen tertentu," kata Ghandias Widio Anantoko, panitia lomba.

Untuk menggugah ingatan kolektif masyarakat tentang ledek barangan, dihadirkan kelompok tayub yang diseting mbarang di Pasar Jepon.

Lima panjak dan dua ledek tampil di jalan dengan kardus yang menerima pemberian uang dari penonton. Berduyun-duyun warga Kelurahan Jepon berdatangan menyaksikan ledek barangan ini.

Sebagian di antaranya, terutama kelompok umur tua-tua ikut nayub bersama ledek. Peristiwa inilah yang menjadi obyek pengambilan foto.

Terdapat 36 peserta yang mengirimkan file foto untuk dicetak pantia dan dipamerkan di aula Kelurahan Jepon. Pemeran dibuka pada Minggu malam, 11 Agustus 2024, dan akan berlangsung hingga 18 Agustus 2024.

"Kami mencoba memberikan sesuatu yang berbeda buat masyarakat Kelurahan Jepon, untuk kita kenalkan dengan keindahan-keindahan seni fotografi dan mengenalkan tentang seni ledek barangan kepada anak-anak, utamanya generasi terkini yang belum tahu tentang ledek barangan," ujar Mambo, sapaan akrab Ghandias Widio Anantoko. (Tim Kominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Siswa PKL Buat Konten di Klenteng Hok Tik Bio Blora
    28 September 2024 Jam 20:51:00

    Mentari pagi memancar cerah, menyemangati sejumlah siswa SMK Muhammadiyah Kunduran dan siswa SMK...

    Menjenguk Orang Sakit, Bentuk Nyata Solidaritas dan Kepedulian Paguyuban Bhakti Praja Blora
    27 September 2024 Jam 13:19:00

    Mengunjungi dan menjenguk orang yang sedang sakit merupakan kewajiban setiap muslim, terutama...

    Blora Dapat Bantuan Perahu Dayung Kayak dari Kemenpora
    27 September 2024 Jam 10:29:00

    Kabupaten Blora mendapatkan dukungan penting dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)...