Berita Terkini

DPRD Blora Umumkan Calon Pimpinan Masa Jabatan 2024-2029


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna mengumumkan calon pimpinan DPRD Blora masa jabatan 2024-2029.

Rapat paripurna dipimpin Pimpinan Sementara DPRD Blora Mustopa dan HM Dasum di ruang pertemuan setempat, Rabu (25/9/2024).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Blora Tri Yuli Setyowati hadir bersama para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rapat paripurna tersebut.
 
Rapat paripurna yang diikuti para anggota DPRD Blora periode 2024-2029 itu dihadiri pula para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Blora.

‘’Pengisian pimpinan DPRD melalui prosedur sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. DPRD telah mengirimkan surat kepada pimpinan partai politik (Parpol) yang menempatkan anggotanya di DPRD Blora berdasarkan urutan perolehan kursi. Surat itupun telah mendapatkan balasan dari parpol yang bersangkutan,’’ ujar Mustopa.

Menurut Mustopa, sesuai ketentuan yang berlaku pula, pimpinan DPRD terdiri dari satu orang ketua dan tiga orang wakil ketua bagi DPRD kabupaten dan kota yang jumlah anggotanya 45 orang.

Pimpinan tersebut dijabat oleh anggota DPRD dari partai politik berdasarkan urutan perolehan suara dan kursi terbanyak di DPRD dari hasil pemilihan umum.

Adapun partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPRD Blora adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendapat 11 kursi (141.859 suara).

Urutan berikutnya adalah PDIP sebanyak 8 kursi (102.585 suara), Golkar 5 kursi (61.430 suara) dan Gerindra 5 kursi (57.634 suara).

‘’Berdasarkan hal itu, pimpinan DPRD Blora terdiri dari satu orang ketua dari PKB dan tiga orang wakil ketua dari PDIP, Golkar dan Gerindra,’’ jelas Mustopa.

Berdasarkan surat balasan dari pimpinan partai politik tersebut, kata Mustopa, DPRD Blora membuat keputusan tentang penetapan pimpinan DPRD Blora masa jabatan 2024-2029.

Yakni, Ketua DPRD Blora 2024-2029 dijabat Mustopa (PKB) dan wakil ketua masing-masing HM Dasum (PDIP), Siswanto (Golkar) dan Lanova Candra Tirtaka (Gerindra).

‘’Keputusan ini selanjutnya disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Blora untuk mendapatkan keputusan peresmian pengangkatan sebagai pimpinan DPRD Blora,’’ kata Mustopa.

Plt Bupati Blora Tri Yuli Setyowati dalam sambutannya menyatakan akan segera memproses surat dari DPRD agar segera mendapatkan keputusan penetapan peresmiannya oleh Gubernur Jawa Tengah.

‘’Atas nama Pemkab Blora kami mengucapkan selamat atas diumumkannya nama calon pimpinan DPRD Blora masa jabatan 2024-2029. Semoga proses selanjutnya bisa berjalan lancar dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah terkait tugas dan fungsi DPRD bisa segera dilaksanakan,’’ ujarnya.  (Tim).

    Berita Terbaru

    DPRD Blora Umumkan Calon Pimpinan Masa Jabatan 2024-2029
    25 September 2024 Jam 22:35:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna mengumumkan...

    Petani Blora Berperan Menyediakan Bahan Pangan di Indonesia
    25 September 2024 Jam 13:03:00

    Dinas Pertanian Pangan Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora menyelenggarakan...

    Kawasan Seputar Alun-Alun Blora Jadi Pilot Project E-Parkir
    25 September 2024 Jam 06:56:00

    Pembayaran parkir di kawasan Alun-Alun Kabupaten Blora dan Pusat Kuliner Koplakan Blora kini...